Sunday, May 30, 2010

Web Dinamis dan Statis

| Sunday, May 30, 2010 | 1 comments

Web Dinamis dan Statis

Apakah web dinamis ? dan apa web Statis ? Sebelum memulai pembuatan situs, Anda harus punya bayangan bagaimana
halaman-halaman situs Anda nantinya. Terutama dalam hal apakah halaman situs Anda nantinya bersifat statis atau dinamis. Halaman yang statis akan selalu
memunculkan tampilan dan isi yang sama tanpa membedakan hal-hal yang berkaitan dengan pengaksesan halaman tersebut misalnya usernya siapa, kapan waktu akses, privelege user dll. Halaman statis juga tidak terkoneksi dengan database. Keuntungan halaman yang sifatnya statis adalah mudah dalam pembuatannya. Penulisan kode sampai desain tampilannya relatif mudah dilakukan. Bahkan dengan software web authoring semacam Macromedia Dreamweaver, Anda bisa mendesain halaman web nyaris tanpa harus menuliskan kode-kode html.
Kerugian halaman statis adalah menyatunya antara tampilan dengan informasi.Anda tidak bisa mengubah data tanpa bersentuhan dengan masalah tampilan halaman tersebut secara langsung. Hal ini akan sangat menyulitkan jika data berupa daftar tertentu yang sering berubah-ubah. Tentunya akan sangat merepotkan jika kita akan mengubah isi saja dari halaman tersebut tetapi harus berurusan dengan lebar tabel, jumlah kolom dan baris tabel, bullet and numbering, dan format tampilan lainnya.
Jika halaman situs nantinya akan terkoneksi dengan database atau memiliki rutin-rutin tertentu layaknya program aplikasi seperti pemanggilan fungsi, looping, pengecekan kondisi if-then dll, dan bisa menampilkan informasi secara dinamis Anda harus menggunakan script. Untuk itu Anda tidak hanya harus tahu bahasa html, akan tetapi juga harus familier dengan logika pemrograman dan menguasai salah satubahasa scripting.
Halaman dinamis memberikan keuntungan lebih banyak dalam waktu jangka panjang. Memang waktu, pikiran dan tenaga yang dibutuhkan untuk tahap pembangunan lebih banyak. Akan tetapi hal ini akan terbayar lunas beserta keuntungannya dengan kemudahan update informasi, pengembangan yang mudah, fleksibilitas yang luas, dan situs kita akan tampak lebih cerdas.

1 comments:

Iman Llusion said...

ane lebih suka yang dinamis gan... hihihi...

kunjungi : http://www.imanllusion.hostzi.com/

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment