Monday, May 24, 2010

Install Linux Ubuntu 10.04

| Monday, May 24, 2010 | 0 comments


Install Linux Ubuntu 10.04

Dalam penginstalan Ubuntu ini hanya mempunyai beberapa step/ langkah – langkah yang harus
dilakukan, dan saya jamin langkah - langkah itu tidak lebih dari 15 langkah. ☺
1. Masukkan Live CD Ubuntu 10 anda kedalam drive cd-rom, sebelumnya anda harus merubah
boot order agar computer anda memboot melalui cd-rom.
2. Akan keluar tampilan awal dibagian ini anda diminta memilih bahas yang akan digunakan,
disini saya memilih bahasa default yaitu English.
3. Kemudian akan keluar beberapa pilihan,saya akan memilih pilihan a.
a. Try Ubuntu without change to your computer
b. Instal Ubuntu
Tunggu sampai loading selesai, setelah selesai anda akan sampai di halaman desktop ubuntu
4. Dihalaman awal ini ada icon yang bertuliskan install, klik 2x pada icon tersebut.
5. Sampai keluar windownya akan ada 7 step yang harus dilewati untuk menginstal ubuntu ini
pada computer anda.
a. Pada step ini anda diminta bahasa yang ingin anda gunakan pada ubuntu anda, pada
step ini saya memilih bahasa inggris. Setelah bahasa yang diinginkan terpilih, klik
forward (Alt + F).
b. Di step ini anda diminta memilih region/wilayah tempat tinggal anda, pada step ini
saya memilih Jakarta – Indonesia, kemudian klik forward.
c. Di step ke-3 ini anda akan diminta memilih layout/tampilan dari keyboard anda, disini
saya sarankan menggunakan layout dari USA yang sudah merupakan standard yang
digunakan pada hampir semua keyboard yang ada di Indonesia. Setelah selesai memilih
klik forward kembali.
d. Pada window ini anda diminta untuk memilih bagaimana pembagian hdd anda untuk
tempat penginstalan ubuntu ini. Pada step ini ada 2 pilhan yang bisa dipilih, yaitu : •Guided – use entire disk
Pada opsi ini anda akan dituntun seluruhnya dalam pembagian hdd anda.
•Manual
Dan pada opsi ini anda secara manual dalam pembagian hdd anda. (hanya
disarankan bagi anda yang sudah cukup mengerti seluk beluk linux). Karena
apabila salah dalam mengatur pembagian hdd anda dapat mengakibatkan
kehilangan data penting yang berada pada hdd anda.
e. Disini saya asumsikan anda memilih opsi Guided – use entire disk – klik forward.
Setelah memilih anda akan langsung dihadapkan pada beberapa kotak yang wajib anda
isi, yaitu :
•What is your name?
Kotak ini meminta anda memasukkan nama yang ingin anda gunakan sebagai
identitas didalam computer nanti. Disini saya menggunakan nama Xamoeba.
•What name do you want to use to log in?
Kotak ini meminta anda memasukkan nama yang akan digunakan untuk
username anda nantinya, untuk log in. disini saya juga menggunakan nama
Xamoeba (dalam huruf kecil)
•Choose a password to keep your account safe
Anda diminta memasukkan password yang akan digunakan untuk username
yang telah anda pilih (anda wajib memasukkan password). Pada kotak in anda
wajib memasukkan 2x password yang anda pilih, untuk memastikan anda
mengingat dengan baik password yang anda masukkan. Pada bagian ini saya
menggunakan password xamoebaisme
•What the name of this computer
Disini anda diminta memasukkan nama dari computer yang akan anda gunakan.
Saya menggunakan nama vbox.
Terakhir pada step ini ada sebuah check box (Log in automatically) yang apabila anda
men-check checkbox ini maka ubuntu akan mengingat username dan password anda
(yang sangat tidak saya sarankan, berkaitan dengan hal security).
f. Ini merupakan step terakhir dari penginstalan ubuntu 10 pada computer anda, pada
step ini anda wajib memeriksa kembali semua pilihan anda dengan membaca laporan
dari semua setting-an yang telah anda pilih. Setelah semua sesuai dengan yang anda
inginkan maka tekan pilihan Install. Silahkan ditunggu sampai proses dari penginstalan
ini selesai.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment