Monday, May 24, 2010

Membangun Situs web

| Monday, May 24, 2010 | 0 comments


Membangun Situs web

Membangun Sebuah Situs web adalah ha yang dilakukan oeh seorang webmaster, dimana tahap ini adalah tahap awal membangun web.

a. Membangun Situs web dengn Windows Server
Jika sistem operasi Anda adalah Windows dan Anda menggunakan Apache sebagai server, maka simpanlah file-file halaman situs Anda di folder C:/apache/htdocs. Setelah apache dijalankan, file atau folder dalam C:/apache/htdocs dapat diakses melalui web browser dengan menuliskan alamat http://localhost/file_or_folder_name. File database MySql tersimpan di folder C:/apache/mysql/data.

b. Membangun Situs web dengn Linux

Untuk sistem operasi Linux (penulis menggunakan Linux Mandrake v.10 simpan file-file situs Anda di /var/www/html, sedangkan file database MySql akan tersimpan di /var/lib/mysql. Jika apache sudah berjalan maka file dalam /var/www/html dapat diakses menggunakan web browser dengan alamat http://localhost/file_or_folder_name.

Cms Phpnuke
Cara termudah mengembangkan situs adalah dengan menggunakan CMS
(Content Management System). Dengan menggunakan CMS Anda tidak perlu
membuat situs dari nol. Anda cukup mengkonfigurasi CMS tersebut agar sesuai
dengan keinginan Anda. Anda tinggal mengisikan data-data yang akan Anda
tampilkan dalam situs Anda. Salah satu CMS yang populer adalah PHP-Nuke
(http://phpnuke.org). CMS ini bisa berjalan segera setelah Anda mengkopikan filefilenya ke dalam folder yang sudah ditentukan seperti pada keterangan paragrafsebelumnya dan database untuk PHP-Nuke selesai dibuat serta dikonfigurasi.

Keterangan dan petunjuk instalasinya terdapat dalam paket PHP-Nuke. Anda dapatdengan mudah menambahkan atau mengurangi fitur-fitur dalam PHP-Nuke, yaitu dengan cara menginstal dan mengaktifkan modul tertentu, atau dengan menguninstal atau mendeaktifkannya. Pada umumnya CMS sudah dilengkapi dengan fasilitas login dan pendaftaran member, pengiriman artikel, buku tamu, data statistik, administrasi situs, theme, feedback serta beragam fasilitas menarik lainnya. Kekurangan penggunaan CMS adalah pada tampilannya. Tampilannya terkesan umum dan mungkin kurang artistik. Untuk mengatasinya, tambahkan gambar atau animasi dalam halaman Anda atau Anda membuat themes sendiri sesuai dengan citarasa Anda. Untuk melakukan ini Anda harus mempunyai keahlian desain sekaligus
menguasai bahasa script CMS yang Anda gunakan.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment