Friday, June 4, 2010

| Friday, June 4, 2010 | 3 comments


Membuat Website Untuk Pemula (Beginner)


Saat ini Website sudah menjadi ha biasa Mulai dari coding HTML, PHP,
menggunakan aplikasi Front Page, Dreamweaver sapai menggunakan CMS seperti
Drupal, Mambo, Joomla, PHPNuke dsb. Kali ini anda akan saya ajak untuk membuat
website pribadi menggunakan CMS Drupal. Lho??? Mengapa saya hanya
menceritakan tentang drupal???, karena sejujurnya dari nama-nama yang saya
tulisakn di atas, belum 1 pun yang saya kuasai dengan baik, terkecuali drupal.
Sebelumnya saya jelaskan dulu kalau berikut ini lebih tepatnya bukan tutorial atau
sejenisnya, hanya menceritakan pada pembaca, bagaimana dulu saya memulai belajar
membuat website dengan CMS Drupal. Bagi anda yang sudah pengalaman membuat
website, mungkin tidak perlu membaca bagian introdoctions ini. Namun jika anda
merasa belum begitu mengerti tentang cara membuat website, maka silakan simak
bagian introductions ini. Tentu yang saya tuliskan adalah "Menurut Pendapat Saya",
jika ingin penjelasan lain, silakkan cari sama mbah google.

1. HTML
Perlu dijelaskan pada bagian awal. Jika kita mengetik di ms.office maka hasil tulisan
anda adalah fileku.doc. Lalu jika anda mengetik di openoffice maka hasinya jadi
fileku.odt. Nah, jika anda membuat dokumen di internet dan ingin agar semua orang,
semua OS dan semua browser dapat membacanya maka itulah gunannya fileku.html.
Maksudnya setiap file anda akan berekstensi *.html agar bisa dibaca di internet. Ingin
belajar html?cari saja di google. namun dengan drupal, anda tidak perlu ahli html,
hanya sekedar tau. Masa bikin website ditanya html gak ngerti?hehehehe becanda.
2. Website
Website adalah kumpulan dokumen-dokumen digital yang anda letakkan di internet,
sehingga anda dan semua orang bisa membacanya kapan dan dimana saja saat
memerlukannya. Membuat website bisa dengan html saja, coding php atau
menggunakan CMS.
3. CMS
Content Management Sistem. Adalah alat bantu bagi kita yang : tidak ngerti html, tidak
ngerti PHP, tidak kenal MySQL namun ingin membuat website yang cantik, yang
canggih, dan dinamis, maka jawabannya : Gunakan CMS.
4. Drupal
Merupakan salah satu CMS yang berlisensi GNU-GPL yang bebas digunakan alias
free. Drupal memungkinkan kita membuat website yang dinamis, mudah di organisir
tanpa harus mengerti beragam bahasa 'aneh-aneh' seperti PHP, mysql dsb.
5. PHP dan MySQl
Umumnya, website dinamis dibuat dengan bahasa PHP dan dihimpun dalam sebuah
databese SQL. Biasanya mySQL, MsSql, PotgresSQL dan sebagainya. namun, janagn
khawatir, dengan drupal semua beres.


Jangan Lupa comment ya. :D

3 comments:

Anonymous said...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

asri said...

terimakasih atas infonya , info ini cukup bermanfaat bagi saya

Obat Herbal Batu Ginjal said...

Sangat bermanfaat, terimakasih gan :)

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment